Pagaralam Masuk 10 Tujuan Wisata Baru di Indonesia

73

Pagaralam – Kementerian Pariwisata merelaunch 10 daerah tujuan wisata baru di Indonesia, salah satunya Kota Pagaralam. Hal ini karena Kota Pagaralam memiliki puluhan objek wisata alam sehingga menjadi daerah tujuan wisata di Sumsel.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pagaralam Samsul Bahri Burlian mengatakan, pihaknya menghadiri kegiatan PATA Travel Mart 2016 yang berlangsung dari tanggal 7-9 september 2016 di ICE BSD Tangerang Banten. Kegiatan ini dihadiri 203 organisasi dari 33 negara.

“Catatan panitia sedikitnya 246 buyer dari 60 negara, 209 seller dari 35 negara dan 37 media International dari 15 negara serta 12 bloger ambil bagian dalam kegiatan ini, diantaranya Cina, Macau, Hongkong, Thailand, Jepang, Jerman, Korea , Myanmar dan UEA. Jadi, Kota Pagaralam sudah banyak diketahui wisatawan,” ujarnya.

Ditambahkan, Kepala Bidang (Kabid) Objek wisata Brillian Aristophani, kegiatan ini untuk kelima kalinya Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan PATA TM 2016 dan Pagaralam tahun ini ambil bagian dalam kegiatan yang dipusatkan di Propinsi Banten.

“Kegiatan ini dibuka langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla yang sangat mengapresiasi dengan acara PATA travel Mart. Dengan target transaksi Rp1,1 triliyun diharapkan terealisasi,” bebernya.

Apalagi, yang terpenting, Kementrian Pariwisata menampilkan objek wisata unggulan dari seluruh Provinsi di Indonesia dan sekaligus merelaunch 10 destinasi baru. “Kota Pagar Alam sebagai ikon objek wisata Sumatera Selatan. Kota Pagaralam tidak tanggung tanggung berpartisipasi dalam rangka promosi wisata alam dengan akses penerbangan yang sudah ada membuat Pagaralam semakin agresif dalam mempromosikan objek wisata dengan mengikuti pameran pariwisata terbesar dan bergengsi ini,” ungkapnya.

Kemudian, pihaknya menarget investor dari luar dapat membangun pariwisata di Pagaralam. Selain itu, Disbudpar Pagaralam memfasilitasi operator tour dari luar untuk membawa turis dari mancanegara dengan bekerja sama dengan operator pariwisata lokal yg ada di Pagaralam.

“Kita membuka hubungan dengan tour operator luar negeri agar membuat paket paket wisata di Pagaralam dengan melibatkan operator lokal , tour guide lokal,” bebernya.

Dengan mengedepankan wisata sejarah, wisata alam dan wisata minat khusus pihaknya optimis Pagaralam menjadi primadona baru dalam trend wisata di Indonesia. Jadi, dengan ikut ambil bagian dalam kegiatan ini Pagaralam dapat lebih dikenal oleh dunia luar tidak hanya Indonesia tapi di Dunia terutama 33 negara yang ikut ambil bagian dalam kegiatan yang ada. (sumber : kaganga.com/rop)