Tari Gending Sriwijaya Buka “Fest In Fest”

Share to friendsShare on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Google+Share on TumblrShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page

JAKARTA – Tari Gending Sriwijaya yang dibawakan oleh delapan gadis Palembang, didaulat menjadi sajian pembuka even Festival Indonesia Festival (Fest In Fest), yang dihelat di Balairung Soesilo Soedarman Kementrian Pariwisata Jakarta, Kamis (26/01).

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, wisatawan mancanegara yang sengaja datang ke Indonesia 40% karena budaya. Bila budaya dilestarikan, maka akan mendatangkan kesejahteraan.

“Jadi, penyelenggaraan festival ini harus disambut baik. Karena apabila budaya dilestarikan, maka akan menaikan indeks kebahagiaan, yang pada akhirnya akan berdampak pada kesejahteraan,” ujarnya, pada acara FestInFest di Balairung Soesilo Soedarman Kementrian Pariwisata Jakarta, Kamis (26/01).

Arif mengatakan, dalam setiap penyelenggaraan festival pihaknya mengharapkan ada nilai ekonomi yang Bisa dihasilkan. “Bagi daerah yang ingin menampilkan budaya masing-masing, silahkan tampil di Indonesia Festival Week di Balairung Soesilo Soedarman secara bergantian setiap minggunya,” katanya.

Staff Khusus Menteri Pariwisata Bidang kebudayaan Taufik Razen menuturkan, Fest In Fest ini akan terus diselenggarakan setiap minggu ke 4 pada awal bulan, untuk menghimpun berbagai potensi, pengalaman dan kerjasama festival di seluruh Indonesia, agar bisa terselenggara secara efektif, semarak dan Berdaya guna. “Lewat festival ini, para penyelenggara festival dipertemukan untuk bertukar pengalaman sehingga festival menjadi ajang bertukar gagasan,” tuturnya.

Taufik yang juga budayawan dan panitia penyelenggara ini melanjutkan, Palembang dipilih menjadi tuan rumah pertama kegiatan ini. Karena, Palembang akan menjadi tuan rumah Indonesia Culture Asiade Festival pada Agustus mendatang. Kemudian, bersama DKI Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games di tahun 2018. “Sejumlah agenda yang digelar dalam festival ini, diantaranya pameran produk budaya dan wisata; seminar; dialog budaya; pemutara film; kuliner; serta mini karnival,” tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan, menyambut baik tawaran Menteri Pariwisata untuk menyelenggaraan Indonesia Festival Week. “Kami akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk berpartisipasi dalam acara tersebut,” ungkap Irene, yang hadir sebagai pembicara seminar. (tul) (fornews.co)