Napal Licin Dijadikan sebagai Desa Wisata

Share to friendsShare on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Google+Share on TumblrShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page

MURATARA – Eksotisme Goa Batu di Desa Napal Licin Kecamatan Ulurawas Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Tak hanya dikenal oleh masyarakat Muratara saja, namun juga oleh masyarakat luar daerah, hingga mancanegara. Karena itu, Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel akan menjadikan Desa Napalicin sebagai desa wisata.

Goa batu di Desa Napal Licin, dianggap memiliki keunikan tersendiri dan bernilai jual tinggi untuk menarik wisatawan. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel, Irene Camelyn mengatakan, pihaknya sengaja mengunjungi Desa Napalicin, karena mendapat instruksi dari Gubernur Sumsel Alex Noerdin, untuk mempopulerkan kembali objek wisata Goa Batu Napal Licin, sebagai destinasi wisata unggulan.

“Bapak gubernur sangat mendukung pariwisata di wilayah kita,” ujar Irene Camelyn saat berkunjung ke Goa Batu Napal Licin, bersama Bupati Muratara Syarif Hidayat, Minggu (8/4/2017).

Goa Batu Napal Licin merupakan aset daerah yang harus dikembangkan. Sebelumnya, lokasi wisata alam ini sudah dikenal luas oleh masyarakat, hingga ke mancanegara.
Menurutnya, Goa Batu Napal Licin sudah dikenal sampai ke Belanda.

“Jadi, mengapa kita harus mencari potensi wisata lain, sedangkan lokasi wisata yang kita punya sudah cukup dikenal,” ujarnya.

Untuk mengembangkan lokasi wisata Goa Batu Napal Licin dan menjadikannya sebagai lokasi kunjungan bagi wisatawan, harus dipersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan sarana dan prasarana pendukungnya.

Misalnya, tour guide, biro perjalanan, kemudian dari sisi kemananan, serta fasilitas pendukung lainnya, layaknya tempat wisata bertaraf internasional.

“Pesona Goa Batu Napal Licin ini luar biasa. Karena itu harus dikembangkan. Dan saya berharap masyarakat setempat juga ikut mendukung dan dapat menerima kedatangan para wisatawan dengan terbuka,” katanya.

Bupati Muratara Syarif Hidayat mengharapkan dukungan penuh dari provinsi, khususnya Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel untuk mengembangkan kembali potensi wisata Goa Batu Napal Licin sehingga, geliat wisata di wilayah ini dapat bangkit kembali. Dan kepada masyarakat, ia juga mengharapkan, agar dapat menjaga potensi yang ada. Baik menjaga kelestarian lokasi wisata tersebut, maupun juga turut mendukung dalam menjaga keamanan.

Sehingga, para wisatawan yang datang, merasa aman dan nyaman saat menikmati keindahan alam di Goa Batu Napal Licin khususnya, dan Kabupaten Muratara pada umumnya.

“Setelah ada dukungan, kami harap masyarakat bisa menjaga keamanan. Jangan sampai pengunjung yang datang kewilayah kita kecewa. Kepada kades, camat, juga harus mampu menciptakan iklim keamanan dan ketertiban, sehingga potensi pariwisata di Muratara bisa lebih maksimal,” katanya. (sriwijaya post)¬†http://palembang.tribunnews.com