Disbudpar Sumsel Dorong OKU Kembangkan Aset Budaya di Gua Harimau

Share to friendsShare on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Google+Share on TumblrShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page

BATURAJA – Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Arkenas) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, kembali melakukan sosialisasi Rumah Peradaban Gua Harimau.

Kegiatan di Pusatkan di Gua Putri Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Kamis (13/4/2017).

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar), Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Pendidikan dan Budaya OKU.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Prov Sumsel, Irene Camelyn mengatakan, pihaknya mendorong Pemerintah Kabupaten khusunya Dinas terkait untuk lebih fokus untuk mengembangkan aset Budaya yang di temukan di Gua Harimau.

“Memang kita akui dalam setiap pengembangan dan pembangunan butuh anggaran. Namun disinilah kita di tuntut untuk proaktif dalam pengembangan,”kata Irene.

Selain itu, Disbudpar Provinsi Sumsel mendorong Pemkab OKU melaui Dinas terkait untuk melakukan 3 hal untuk menarik para wisatawan.

“Kami di Pemprov hanya bisa mendorong, tidak bisa terlibat langsung, terlebih lagi era otonomi daerah seperti sekarang ini. Sekarang jalan nya sudah terbuka, Pemkab khusunya Dinas terkait tinggal lagi mengembangkan,”jelas Irene.

Ia menambahkan, dalam pengembangan aset wisata dan aset budaya, perlu untuk melakukan tiga hal penting.
“Akses, Amenitas, dan Aktraksi, dan semoga dengan hadirnya adik – adik pelajar dan mahasiswa pada hari ini, Gua Harimau akan lebih di kenal masyarakat luas sebagai Rumah Peradaban Manusia puluhan ribu tahun di OKU yang menjadi kebanggaan kita bersama,”ungkapnya.

Pantauan dilapangan, kegiatan tersebut dibuka langsung, Wakil Bupati OKU Drs Johan Anuar SH MM. Selain itu dihadiri sejumlah jajaran pejabat pemkab OKU.

Kegiatan tersebut juga dihadiri para pelajar SMP Se-OKU, dan Mahasiswa Unsri FKIP Sejarah, Poltek jurusan Pariwisata untuk memberikan edukasi tentang peradaban kehidupan manusia di Gua Harimau puluhan ribu tahun yang silam. (Tribun Sumsel) http://sumsel.tribunnews.com