Destinasi Wisata Kuliner Jadi Fokus Sumsel Berikutnya

Share to friendsShare on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Google+Share on TumblrShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page

Palembang – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan menggelar Focus group discussion dalam rangka percepatan pengembangan destinasi wisata kuliner dan belanja, di Hotel 101 Palembang, Kamis (08/08/2017).

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Camelyn Sinaga mengatakan kini tim percepatan wisata dan religi telah membuat 1 buah buku yang telah diterima oleh Gubernur Sumsel. Palembang saat ini sudah dilirik untuk wisata kuliner dan belanja. Apalagi usaha resto di Palembang tercatat ada 1689 restoran.

Asisten Deputi Pengembangan Wisata Budaya Kemenpar, Lokot Ahmad Enda yang juga  membuka Focus group discussion ini mengatakan FGD ini memiliki tujuan bagaimana Sumatera Selatan menjadi pilihan bagi wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Pemateri dalam FGD ini Ismayati, Dosen Sahid Jakarta dan Tendi Nuralam mengungkapkan hingga saat ini tercatat lebih dari 5000 resep kuliner Indonesia. Apalagi kuliner menjadi diplomasi budaya kekayaan alam, budaya, yang unik dan khas.

Indonesia menargetkan pencapaian wisatawan mancanegara di tahun 2019 yakni 200rb wisman sedangkan di tahun 2018 ada 140ribu wisman, sementara di tahun 2017 yakni 100ribu wisman. Untuk mendatangkan wisatawan diperlukan daya tarik wisatawan.

Ada tiga syarat untuk mewujudkan program ini, yakni amenitas atau ketersediaan sarana dan prasarana pendukung, aksebilitas atau akses termasuk di dalamnya infrastruktur pendukungnya, dan atraksi atau seperti festival pagelaran seni budaya

Sebagai contoh paket wisata Makan bersama Raja / Sultan. Pembuatan paket wisata ini harus sesuai Pasar dan potensi lokal, yang bisa dijual melalui travel Indies dan online.

Palembang pada 27 September mendatang akan menggelar Wonderful Indonesia culinary festival selama satu bulan yang dimulai dari Palembang Icon Pempek & Es Festival dilanjutkan ke Festival Jajanan Ampera di Palembang Square lalu Festival Kuliner Asam Pedas di OPI Mall dan ditutup dengan Palembang Indah Mall Great sale .