UPTD TPKS Gelar Tour De Museum Sriwijaya

Share to friendsShare on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Google+Share on TumblrShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page


#Perkenalkan Website dan Media Sosial Resmi

Palembang-Dalam rangka memperingati hari Museum Indonesia yang bertepatan tanggal 12 Oktober 2017, UPTD Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan bersama Komunitas Rumah Budaya mengadakan kegiatan Tour De Museum Sriwijaya, berlangsung di gedung Teater Sapta Pesona TPKS Palembang, Minggu (15/10).

Tour De Museum Sriwijaya bersama Budayawan Sumsel, Yudhi Syarofie dan Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Cahyo Sulystianingsih tersebut bertema “Kaya Museumku Kaya Ilmuku” bertujuan memperkenalkan budaya dan sejarah kerajaan Sriwijaya.

Serangkaian kegiatan digelar mulai dari pertunjukan teater pantonim, tarian melayu, workshop budaya dan sejarah kerajaan sriwijaya,lomba foto kontes dan foto selfie, serta pengenalan display website dan media sosial resmi TPKS.

Selain itu, dilakukan juga penyerahan hibah barang antik oleh komunitas barang antik Palembang kepada UPTD TPKS berupa Batu Bata yang digunakan pada masa kerajaan Sriwijaya, dan potongan lengan patung arca yang diperoleh dari pencarian di Sungai Musi.

Kepala UPTD TPKS Palembang, Adi Ramdhoni mengatakan, kegiatan tour museum dilaksanakan mulai dari museum Sriwijaya, dilanjutkan mengelilingi kanal-kanal peninggalan kerajaan Sriwijaya, serta objek lainnya yang ada di TPKS bersama ratusan peserta terdiri dari insan pelajar dan berbagai komunitas yang ada di Kota Palembang.

“Kedepan kegiatan ini akan tetap dilaksanakan secara rutin dengan berbagai konsep yang berbeda,” ujarnya

Lanjut Adi Ramdhoni, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga memperkenalkan website dan akun media sosial resmi TPKS dengan menyajikan berbagai informasi tentang ragam budaya Sumsel, dan informasi mengenai Kerajaan Sriwijaya di Palembang.

“Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi tentang kerajaan Sriwijaya bisa mengunjungi langsung wibsite resmi kita di www.tamanwisatakerajaansriwijaya.co.id atau bisa juga follow Instagram @taman_kerajaan_Sriwijaya,” ungkapnya.

Kepala Bidang Kebudayaan, Disbudpar Provinsi Sumsel, Cahyo Sulystianingsih dalam kesempatan ini menyampaikan banyak hal mulai dari pengenalan tentang museum sejarah, memberikan pemahaman tentang Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kerajaan maritim terbesar, hingga pemaparan tentang keragaman suku dan budaya di Sumsel yang merupakan bagian dari warisan kerajaan Sriwijaya.

“Peserta Tour De Museum Sriwijaya kita berikan  banyak informasi mulai dari apa dan bagaimana museum sejarah itu sendiri, pemahaman tentang kerajaan sriwijaya beserta benda-benda sejarah yang ada, termasuk juga tentang keragaman suku dan budaya yang jumlahnya mencapai 12 suku besar mendiami Provinsi Sumatera Selatan,” pungkasnya.