MUSI TRIBOATTON 2017 HADIRKAN LOMBA DAYUNG BERTARAF INTERNASIONAL

Share to friendsShare on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Google+Share on TumblrShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kembali menggelar perhelatan bergengsi lomba dayung internasional sekaligus menyusuri Sungai Musi. Setelah sukses menggelar event bertajuk International Musi Triboatton di tahun sebelumnya. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata ingin mengulang kesuksesan menggelar kompetisi dayung internasional tersebut.

Tahun ini merupakan kali keenam penyelenggaraan International Musi Triboatton. Event  International Musi Triboatton (IMT) 2017 pada 7 – 11 November 2017 merupakan agenda tahunan dari International Dragon Boat Federation dan akan mempertandingkan  tiga olahraga dayung yaitu kayak, arung jeram dan perahu naga.

Sebanyak 268 atlet dari 19 negara akan ikut berpartisipasi, yang terdiri dari 115 atlet luar negeri dan sisanya dari dalam negeri. Peserta dari luar negeri yang berpartisipasi tahun ini adalah China, Kanada, Yordania, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Perancis, Filipina dan Melaka (Malaysia).

International Musi Triboatton 2017 akan berlangsung di empat kabupaten dan satu kota di provinsi Sumatera Selatan yang dialiri Sungai Musi. Pembukaan IMT 2017 akan diadakan di kota Lubuk Linggau pada tanggal 7 November 2017. Ada pun start etape pertama akan diadakan di desa Terusan dan finish di Pulau Emass Kabupaten Lintang Empat Lawang, Etape kedua akan diadakan di  Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas. Sementara etape ketiga akan diadakan di Water front Sekayu kabupaten Musi Banyuasin. Etape keempat akan diadakan di Dermaga Pengumbuk kabupaten Banyusin. Adapun etape lima sekaligus penutupan akan diadakan di plaza Benteng Kuto Besak Palembang.

Berbagai kegiatan juga diadakan di masing-masing daerah penyelenggaraan untuk mendukung pelaksanaan International Musi Triboatton 2017 ini. Kabupaten Lintang Empat Lawang mengadakan lomba melukis dan lomba serapungan cepat, Kabupaten Banyuasin mengadakan lomba mewarnai bagi anak-anak, sementara kabupaten Musi Banyuasin mengadakan festival band dan lomba perahu naga tingkat kecamatan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Irene Camelyn Sinaga menyampaikan bahwa sebagai tuan rumah ASIAN Games 2018, International Musi Triboatton 2017 merupakan salah satu ajang persiapan dalam menyambut tamu yang akan berkunjung di tahun 2018. International Musi Triboatton 2017 juga merupakan salah satu cara untuk mempromosikan sungai Musi dan juga provinsi Sumatera Selatan sebagai salah satu destinasi sport tourism di Indonesia.  Pada event kali ini, atlit juga akan diajak untuk menikmati keindahan alam Sumatera Selatan dan menyusuri Sungai Musi dengan menggunakan motherboat. Sementara Esthy Reko Astuti, Deputi Pengembangan Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata menyampaikan bahwa Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi model sport tourism yang ada di Indonesia sehingga Musi Triboatton 2017 merupakan salah satu icon spot tourism di Indonesia.