Di Musi Rawas, IMT 2017 Etape II Perlombakan Rafting dan Kayak

Share to friendsShare on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Google+Share on TumblrShare on StumbleUponEmail this to someonePrint this page
MUSIRAWAS – Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan menyambut peserta International Musi Triboatton VI tahun 2017 dengan estafet kedua di Kelurahan Muara Kelingi Kecamatan Muara Kelingi. Kamis (09/11) sekira pukul 09.00 WIB.
Musi Triboatton VI ini turut andil peserta dari mancanegara seperti Kuala Lumpur Malaysia, Malaka Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina dan Indonesia. Sedangkan, peserta dari dalam negeri terdiri dadi sepuluh tim dari Provinsi Sumatera Barat, Jawa Timur, Bangka Belitung, Jambi, Riau, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumsel 1 dan Sumsel 2.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel, Irene Camelyn Sinaga mengatakan Musi Triboatton IV tahun 2017 diikuti sebanyak 275 atlet. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dan bentuk perhatian pemerintah dalam memperkenalkan daerah. Khususnya daerah yang dialiri Sungai Musi.
Ada lima daerah yang akan dilalui oleh peserta diantaranya Kota Lubuklinggau, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Kota Palembang.
Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Putu Ngurah mewakili Kementerian Parawisata RI mengucapkan terima kasih karena disambut dan di fasilitasinya acara ini di Kabupaten Musi Rawas dengan baik dan semarak.
“Kegiatan ini telah memasuki tahun ke VI Sejak diresmikan pada tahun 2012 lalu. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperkenalkan daerah dan memicu datangnya wisatawan ke daerah ini,” kata Putu Ngurah.

Bupati Musirawas, Hendra Gunawan saat menyambut Peserta Musi Triboatton. Foto/dhia

Sedangkan, Bupati Mura, H Hendra Gunawan mengatakan dalam meyambut baik kegiatan ini dan berharap kepada seluruh peserta dapat bertanding dengan menjunjung tinggi sportivitas dan terus semangat. 
Para atlet juga ketika pulang ke negara dan daerah masing-masing dapat ikut serta memperkenalkan Kabupaten Musi Rawas sebagai salah satu tuan rumah yang memiliki banyak kekayaan alam khususnya destinasi wisata.
Usai memberikan sambutan. Bupati bersama-sama Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kepala Dinas Parawisata Propinsi Sumsel, Kapolres Mura, AKBP Pambudi SIK didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Mura, Ny Achy Pambudi, Ketua Tim Penggerak PKK Mura, Hj Noviar Marlina Gunawan, Kasdim 0406 Mura, Mayor Inf B Hutauruk, Ketua Persit kartika Chandra Kirana Cabang XVII Kodim 0406/MLM, Ny Witi Dodi Syamsurizal, Kepala Kemenag Mura, dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) meresmikan dimulainya Festival Musi Triboatton VI tahun 2017 Etape kedua di Kelurahan Muara Kelingi ditandai dengan pemukulan alat music bedug secara bersama-sama.
Setelah dibuka secara resmi Bupati beserta rombongan menuju lokasi acara di pinggiran Sungai Musi dan meyaksikan beberapa pertandingan kano. Dilanjutkan dengan penanaman pohon penghijauan di sepandan Sungai Musi dan pelepasan ribuan anak ikan patin ke Sungai Musi.
Untuk penyambutan tim Musi Triboatton VI dihibur oleh alunan musik gitar tunggal dan tarian songket Musi Rawas yang dibawakan oleh tim kesenian kabupaten Musi Rawas.(Rel/Kominfo Mura)
Muara Kelingi, Sumatera Selatan, 9/11 (Antara) – Warga Musi Rawas tampak antusias dan memadati lokasi perlombaan etape kedua Musi Triboatton di Desa Muara Kelingi, Musi Rawas, Sumatera Selatan, Kamis.

Etape II memperlombakan dua cabang yakni rafting dan kayak.

Berdasarkan pantauan Antara, masyarakat menyemut di sepanjang jalan masuk menuju panggung hiburan yang terletak di pasar tradisional Muara Kelingi yang tak jauh dari bibir sungai Musi.

Di sekitar lokasi juga berdiri beberapa stand makanan yang menghadirkan kuliner khas daerah Musi Rawas, pernak-pernik, dan lain-lain.

Dalam pembukaannya, Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan mengaku bangga atas terpilihnya kembali Kabupaten Musi Rawas sebagai tuan rumah etape kedua Musi Triboatton.

“Alangkah senang rakyat kami kembali menjadi tuan rumah Musi Triboatton 2017,” kata dia.

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas sedang menyusun dan mengembangkan objek wisata yang ada di Musi Rawas.

Pemerintah lokal terus memperkenalkan berbagai macam kesenian daerah dan fokus dalam pengembangan wisata air terjun di Musi Rawas.

Sementara itu, Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata RI Putu Ngurah mengatakan ajang tahunan ini memberikan kesempatan yang luas bagi daerah untuk memperkenalkan ciri khasnya.

“Masyarakat juga akan menikmati perlombaan Musi Triboatton sebagai sarana hiburan,” ujar dia.

Dalam pembukaan etape kedua, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas menampilkan atraksi kesenian seperti Tari Tradisional Sambut, Songket dan Lagu Daerah Senjang.

Etape ketiga akan berlangsung di Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, etape ke-4 di Dermaga Pangumbuk Kabupaten Banyuasin serta etape kelima, di mana peserta finish di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan.