Kampung Ikan Hias, Tambah Destinasi Wisata Palembang

Walikota Resmikan Kampung Ikan Hias

Palembang – Bertambah lagi destinasi wisata di kota Palembang, kali ini kota pempek berhasil menyulap salah satu kawasan di kecamatan Ilir timur dua tepatnya di Jalan Yasin, Lorong Damai Kelurahan 2 Ilir menjadi kampung ikan hias.

Ketika memasuki kampung tersebut, kita akan disuguhkan dengan pemandangan ratusan ikan hias yang cantik yang dapat memanjakan mata para pengunjung.Minggu, (28/1/2018) Walikota Palembang H. Harnojoyo meresmikan kampung ikan hias tersebut.

“Sebenarnya kampung budidaya ikan hias ini sudah cukup lama. Melalui program Kotaku, kita menata lagi kawasan ini agar lebih menarik dan bisa menjadi destinasi wisata baru Kota Palembang,” Ungkap Harnojoyo.

Harnojoyo mengatakan, dengan adanya kampung ikan hias ini, diharapkan mampu menaikkan taraf ekonomi masyarakat sekitar.

“Kita berharap masyarakat dapat melihat hal ini menjadi sebuah potensi bagi perekonomian masyarakat, namun jangan lupa Jaga kebersihan dan kenyamanan kawasan, sehingga membuat betah pengunjung,” Ujarnya.

Ditambahkan Harnojoyo, Pemkot Palembang rencananya akan memberikan akuarium dan etalase bagi para pedagang di Kampung Ikan Hias, bahkan Sebagian kawasan budi daya ikan hias yang masih menumpang di lahan warga, akan dibeli oleh Pemkot Palembang.

“Kita akan masukkan biaya khusus untuk pembebasan lahan Kampung Ikan Hias. Nanti masuknya ke anggaran tahun 2019, karena anggaran sekarang sudah tersusun sejak tahun lalu,” ujarnya.

Sementara itu Camat Ilir Timur dua Syahiruligama menjelaskan, sudah lebih dari 10 tahun, para warga sekitar menggeluti bisnis budi daya ikan hias, namun memang belum dikembangkan lebih besar.

Ia mengakui, baru kali ini para pebisnis budidaya ikan hias mendapatkan perhatian dari Pemkot Palembang.

“Ada yang masih pakai lahan pribadi dan lahan kosong punya warga sekitar. Penjualannya juga sudah menyebar di Palembang, dengan adanya perhatian dan bantuan dari Pemkot Palembang, kami yakin kawasan ini akan semakin berkembang” ujarnya.