Tiket Pesawat Mahal, Disbudpar Sumsel Atasi Lewat Kartu Super Sumsel

Jembatan Ampera di malam hari, telah terkenal sebagai ikon kota Palembang. (TP/Ist)

Tag Pariwisata, Palembang – Harga tiket yang masih tinggi bagi kalangan industri pariwisata sedikit menjadi kendala tumbuhnya kunjungan wisatawan.

Ternyata Sumatera Selatan (Sumsel) punya terobosan untuk sedikit mengatasinya. Hadirnya Kartu Diskon yang khusus dimanfaatkan untuk kepentingan wisatawan diharapkan bisa membantu mengurangi biaya perjalanan saat di wilayah ini.

Fasilitas itu disebut Kartu Super Sumsel yang diinisiasi dan dieksekui oleh Komunitas Super Sumsel yang dibina oleh Herlan Asfiudin. Herlan sendiri merupakan staf ahli bidang pariwisata Walikota Palembang, sekaligus Ketua PHRI Sumsel juha Ketua Gipi Sumsel.

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Sahrizal saat Festival Sriwijaya Senin (17/6) pada Tag Pariwisata, kartu ini akan memudahkan para traveler mendapatkan fasilitas diskon sehingga biaya perjalanan ke Sumsel dapat dikurangi.

” Meskipun harga tiket masih tinggi, jangan kuatir tetap lah berkunjung ke Sumsel karena setelah para wisatawan berada
di sini mereka akan diberi fasilitas diskon hingga 70% di beberapa hotel, restoran, toko souvenier, pusat kebugaran, salon kecantikan dan fasilitas lainnya, ” kata Aufa Sahrizal.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Aufa Sahrizal mengajak masyarakat tetap berkunjung ke Palembang meski harga tiket tidak murah lagi. (TP/Ist)

Kartu ini bisa digunakan di sekitar 100 merchant yang telah bekerja sama. Cara memiliki kartu itu hanya perlu membelinya seharga Rp. 100 ribu berlaku 1 tahun di
beberapa gerai yang ditunjuk.

Rencana jangkauan akan di perluas sampai seluruh Sumatra dan kota lain yang memiiki penerbangan langsung ke Palembang. Sekitar 500 target merchat dalam tahun pertama bergabung.

Sementara itu menyinggung upaya meningkatkan pariwisata Sumsel Aufa mengharapkan terus peran dukungan masyarakat seperti yang telah dilakukan komunitas Super Sumsel. Selain itu adanya pokdarwis, komunitas pariwisata lain seperti GenPI yang selalu melakukan terobosan juga sangat dihargai, menyadari besarnya potensi pariwisata Palembang, maka besar pula upaya yang harus dilakukan.

Untuk kemajuan pariwisata, Aufa menambahkan bahwa solusi menyikapi tantangan yang ada terus dicari melalui berbagai cara melalui koordinasi dengan stake holder. Digital marketing juga digencarkan melalui website antara lain untuk mempromosikan event2 di Sumatera Selatan.

Bicara potensi wisata di Sumsel Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, mengungkapkan pada kesemparan pembukaan Festival Sriwijaya yang masih berlangsung hingga 22 Juni, bahwa Sungai Musi yang sudah sangat terkenal, harus dioptimalkan. Potensi ekowisata sepanjang Sungai Musi mulai hulu bisa menarik wisatawan, dan ini memerlukan sinergi dari kabupaten yang dilalui, untuk mengemas pengembangan wisatanya.



Leave a Reply